Kategori
Lifestyle

Waspada! LPPOM MUI Ungkap Tidak Semua Jamu Halal, Ada Juga Loh Jamu Haram: Ini 3 Jenisnya

Selamat datang Obat Sakit Tipes Mujarab di Portal Ini!

Obat Sakit Tipes Mujarab – Obat herbal umat muslim harus hati-hati. Sebab menurut informasi yang diterima Lembaga Pengkajian Makanan, Obat-obatan dan Kosmetika, Majelis Ulama Indonesia atau LPPOM MUI, banyak obat herbal haram yang mengandung alkohol. Waspada! LPPOM MUI Ungkap Tidak Semua Jamu Halal, Ada Juga Loh Jamu Haram: Ini 3 Jenisnya

Fatwa MUI Nomor 10 Tahun 2018 tentang Produk Makanan dan Minuman yang Mengandung Alkohol/Etanol menyatakan bahwa minuman beralkohol yang termasuk dalam kategori alkohol adalah yang mengandung paling sedikit 0,5% alkohol/etanol (C2H5OH),” demikian penjelasan situs resmi LPOM MUI. . Seperti dilansir Obat Sakit Tipes Mujarab pada Sabtu (22/10/2022).

Minuman beralkohol yang termasuk dalam kategori kumr adalah najis dan haram, baik dalam jumlah sedikit maupun dalam jumlah banyak. Pentingnya Probiotik Bukan Hanya untuk Kesehatan Pencernaan, Mempengaruhi Kualitas Tidur dan Mood

Berikut 3 obat herbal haram dan perlu Anda ketahui keberadaannya.

1. Obat herbal cair dan kapsul alkohol

Obat herbal cair dan kapsul memang lebih efektif dan tidak terlalu pahit saat dikonsumsi, namun LLPOM MUI menghimbau masyarakat untuk mewaspadai bahan ekstrak yang digunakan.

Karena selain menggunakan air, terkadang obat herbal juga menggunakan alkohol. Umumnya alkohol diuapkan hingga kering pada jamu bubuk cepat.

Namun pada obat herbal yang berbentuk cair, sisa alkoholnya masih sangat tinggi. Selain itu, perlu dipastikan pula alkohol yang digunakan tidak berasal dari tumpukan, jelas LLPOM MUI.

2. Jamu tradisional Tiongkok yang dilengkapi dengan sumber hewani

Selain penggunaan jamu, jamu Cina seringkali menggunakan bahan tambahan hewani seperti jeruk keprok buaya, cakar macan, hati beruang, dan darah ular.

Jelas bahan tambahan tersebut haram untuk makanan, kata LLPOM MUI. Waspada! LPPOM MUI Ungkap Tidak Semua Jamu Halal, Ada Juga Loh Jamu Haram: Ini 3 Jenisnya

3. Obat herbal dicampur atau dengan anggur

Obat herbal rebus yang dijual di warung pinggir jalan menggunakan ramuan bubuk.

“Harus berhati-hati karena ada kemungkinan obat herbal tetap disajikan dengan menambahkan berbagai bahan non-halal. Misalnya menambahkan wine ginseng, arak, atau ginseng ke dalam wine,” demikian bunyi situs tersebut.